Seleksi Pakibraka di Tengah Pandemi

  • Senin, 17 Mei 2021 - 13:08:58 WIB
  • admin kip
Seleksi Pakibraka di Tengah Pandemi

Guna mempersiapkan Upacara HUT RI Ke-76 pada 17 Agustus 2021 nanti. Sebanyak 73 pelajar menengah atas di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir mengikuti seleksi Pasukan Bendera Pusaka ( PASKIBRAKA). Seleksi ini dilaksanakan setiap tahunnya.

 

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir kali ini melekukan penyeleksian di Kecamatan Talang Ubi yang dipusatkan di SMP NEGERI 1 Talang Ubi pada Rabu (7/4/2021).

 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Darmawi mengatakan “ mudah-mudahan tahun ini kita bisa melaksanakn pengibaran bendera untuk upacara Kemerdekaan, mengingat situasi pandemi seperti ini.

 

Meskipun kita masih menunggu intruksi dari pusat untuk melaksaan dengan psukan atau tidak, karena ini kegiatan terjadwal.”

 

Selain itu Darmawi juga menjelaskan bahwa untuk seleksi tahun ini ada sejumlah tes yang akan dilalui oleh 73 peserta yang nantinya akan mengerecut menjadi 35 orang.

 

Ada enam tahapan tes yang akan dilalui oleh 73 peserta yang terdiri dari 42 peserta laki-laki dan 31 peserta dari lima Kecamatan di PALI.

Adapun tahapannya yaitu seleksi administrasi tes kesehatan atau fisik, seleksi postur tubuh, tes pengetahuan umum atau wawasan kebangsaan dan terakhir psikotes .

 

Adanya tes ini agar mencari PASKIBRAKA yang disiplin, tangguh, dan cukup pengetahuan serta kemahiran teknis untuk dapat melaksanakan pekerjaannya serta meningkatkan daya tahan fisik/jasmani.

 

Karena menjadi Paskibraka tidak hanya dituntut untuk mahir dalam baris berbaris tetapi juga harus mandiri, mempunyai rasa persaudaraan,kekeluargaan, dan setia serta patuh pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sementara, ketua pelaksaan Jeri Aliansyah menjelaskan kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari yang melibatkan TNI-POLRI, Dinkes, RSUD dan Purna Paskibraka (PPI) tahun sebelumnya.

  • Senin, 17 Mei 2021 - 13:08:58 WIB
  • admin kip

Berita Terkait Lainnya