APEL KESIAP SIAGAN GELAR PASUKAN DAN PERALATAN PENANGULANGAN BENCANA BANJIR, TANAH LONGSOR DAN ANGIN PUTING BELIUNG

  • Rabu, 15 Januari 2020 - 10:56:47 WIB
  • admin kip
APEL KESIAP SIAGAN GELAR PASUKAN DAN PERALATAN PENANGULANGAN BENCANA BANJIR, TANAH LONGSOR DAN ANGIN PUTING BELIUNG

DISKOMINFO, PALI – Apel gabungan kesiap siagaan penangulangan  bencana pada hari Selasa 14/01/2020 dilaksanakan di Lapangan Bandara Stanvac Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang di hadiri oleh Kapolres PALI AKBP Yudhi Suharyadi SIK, Sekda PALI Syahron Nazil SH Dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah PALI.

Dalam sambutanya Dandim 0404/ Muara Enim Letkol inf. Syafruddin Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam, dan mengganggu kehidupan dalam kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh factor alam atau non alam (maupun factor manusia). Sehingga mengakibatkan tingginya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan berdampak pesikologis.

Gambaran umum wilayah  Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir merupakan daerah – daerah yang rawan bencana banjir yang di sertai angin puting beliung. dikarnakan wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir merupakan wilayah rawa – rawa dan terletak di pinggir sungai lematang serta memiliki permukaan dengan ketinggian 0 sampai dengan 15%.

Adapun desa – desa yang rawan banjir, kerusakan tanah (tanah longsor) dan angin puting beliung sebagai berikut :

  1. 10 desa di Kecamatan Tanah Abang
  2. 4 desa di kecamatan penukal utara rawan banjir, 2 desa di kecamatan penukal
  3. 3 Desa di kecamatan abab dan ada 5 di beberapa titik di kecamatan talang ubi yang rawan banjir akibat tergenang air hujan

Dalam hal ini di perlukan perubahan rencana terhadap penanggulangan bencana yang di lakukan oleh Pemerintah dan Masyarakat untuk itu penanganan bencana merupakan tanggung jawab bersama dan di perlukan kerja sama yang baik serta berstruktur dalam strategi. guna tercapainya penanganan bencana antara lain :

  1. dengan meningkatkan kapasitas  personil
  2. dengan meningkatkan sarana dan prasarana kebencanaan
  3. dengan meningkatkan kordinasi

Letkol inf. Syafruddin berharap dengan cara ini dapat mengurangi kerugian harta dan korban jiwa pada hari ini kita laksanakan apel gabungan kesiap siagaan penanggulangan bencana yang bertujuan untuk melihat seberapa jauh persiapan walaw terjadinya bencana sebagai personil, maupun kelengkapan peralatan yang ada. Personil harus siap, terampil,  peralatan harus siap dan dapat dipergunakan. Karna datangnya bencana tidak ada yang mengetahuinya.

Melalui kesempatan ini Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf. Syafruddin mengajak seluruh elemen masyarakat maupun Pemerintah  untuk bersama – sama  mengatasi bencana karna tugas yang di perlukan merupakan tugas yang mulia (tugas kemanusiaan) baginya diperlukan upaya yang meliputi patroli bersama, pemberian (pembagian) posko secara terpadu, meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terkhususnya di desa – desa yang rawan terjadi bencana dan bila terjadi bencana marilah bersama – sama dengan tanggap, tangkas dan tangguh serta terpadu. Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf. Syafruddin juga menghimbau kepada personil supaya mengemban tugas dan peranan masing – masing sehingga siap memberikan bantuan sewaktu – waktu bencana datang.

  • Rabu, 15 Januari 2020 - 10:56:47 WIB
  • admin kip

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait